ilmu alamiah dasar kelompok -yunita pratiwi- 1DA02 (47212974)

.ILMU ALAMIAH DASAR.

Pengaruh banjir pada perekonomian dan jurusan yang kita ambil (akuntansi computer)

 

Banjir adalah suatu bencana alam yang pastinya kedatangannya tidak pernah diharapkan oleh siapa saja. Tetapi tidak dapat dipungkiri kalau banjir akan selalu mengintai di kota-kota besar, dikarenakan tata letak kota yang tidak diperhitungkan dengan baik pembagian area antara area pemukiman, area hijau dan area serapan air, ditambah dengan buruknya sistem saluran air di kota besar seperti Jakarta yang tidak baik karna banyaknya masyarakat yang masih membuang sampah ke sungai dan menjamurnya pemukiman liar yang terdapat di bantaran sungai yang mengganggu aliran sungai tersebut.

Seperti yang kita ketahui kalau pusat perekonomian biasanya terdapat di kota besar, tetapi seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa banjir sudah menjadi salah satu penghambat dan kerugian dalam aktivitas setiap orang yang merasakan dampak banjir tersebut.

PENGARUH BANJIR TERHADAP AKUNTANSI KOMPUTER:

Akuntansi computer adalah pekerjaan yang berhubungan langsung dengan yang namanya sistem perekonomian atau keuangan baik itu perusahaan bagi kecil ataupun besar. Sistem perekonomian merupakan jantung dari sebuah perusahaan bahkan Negara ini, bila saja sistem perekonomian atau keuangan suatu perusahaan tidak baik maka perusahaan tersebut terancam akan mengalami kerugian sampai dengan kebangkrutan. Begitu pula dengan Negara ini. Jika terdapat banyak kesalahan system keuanagan dalam suatu Negara, maka dapat di pastikan kalau Negara tersebut akan sulit untuk berkembang, hal itu pula yang dapat terjadi kalau saja perusahaan-perusahaan yang seharusnya dapat menyumbang devisa terhadap Negara yang menjadi salah satu pemasukan bagi Negara malah mengalami kebangkrutan hingga akhirnya harus gulung tikar, hal itu akan berdampak pada negara, disamping mengurangi pendapatan Negara dan akan terjadi PHK besar-besaran yang berdampak bertambahnya angka jumlah pengangguran.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa banjir dapat berdampak besar bagi Negara dan sistem perekonomian keuangan perusahaan. Contohnya, jika banjir terjadi di suatu wilayah, bagaimanapun juga karyawan harus tetap berangkat ke kantornya meskipun kantornya terendam banjir. Tahukah anda hambatan apa saja yang akan di dapatkan si karyawan saat harus ke kantornya. Yaitu karena harus menerjang banjir, kendaraan si karyawan tersebut bisa saja mengalami mogok yang pastinya akan terjadi kerugian dalam waktu yang terbuang sia-sia dikarenakan macet dan kendaraan yang mogok, biaya yang dikeluarkan untuk biaya bengkel, dan dapat dipastikan juga kalau si karyawan akan terlambat sampai di kantor dan dengan perasaan dan pikiran yang tidak fresh lagi, hal itu dapat berdampak pada produktifitas individualnya.

Balum lagi dengan kerugian yang harus ditanggung oleh perusahaan akibat banjir. Contohnya, perusahaan harus memaklumi karyawan yang datang terlambat, tapi hal itu berimbas pada produktifitas perusahaan karna misalnya seharusnya dalam jam 08.00 pagi perusahaan tersebut sudah bisa menyelesaikan beberapa pekerjaanya, tapi dikarenakan banjir pada jam 10.00 tersebut si karyawan baru sampai di kantor, hingga akhirnya perusahaan tersebut harus mengeluarkan uang lebih untuk biaya lembur si karyawan untuk meyelesaikan pekerjaannya.

Tidak hanya itu, perusahaan akan mengalami kerugian pada bidang sarana dan prasarananya. Misalnya saja perusahaan diharapkan harus menjaga semua dokumen penting dan berharganya  agar tidak terjadi kerusakan.

Dampak banjir yang terjadi pada lingkungan masyarakat akan menghambat aktivitas perekonomian. Misalnya; terhentinya aktivitas jual beli dipasar sementara waktu, gagal panen, dan akan merugikan produksi perusahaan rumahan.

Jika dokumen-dokumen yang berada dirumah tidak bisa terjaga dengan baik, apabila musim penghujan  datang. Dokumen tersebut akan hanyut dan hilang, misalnya saja dokumen yang hilang tersebut adalah ijazah. Ijazah adalah salah satu dokumen penting untuk dapat melamar pekerjaan. Sudah dipastikan akan lebih sulit untuk mendapatkan pekerjaan, mengingat mencari pekerjaan masa kini  terbilang sulit. Hal ini akan berdampak pada masalah perekonomiannya khususnya keuangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s