Deskripsi Hewan dan Tumbuhan

HEWAN

  1. Paus

Hewan ini adalah penghuni terbesar dilautan. Beratnya lebih dari 150.000 kg atau setara dengan berat 25 atau 30 ekor gajah. Hewan ini satu satunya mamalia dilautan, karena hewan ini melahirkan dan menyusui anaknya. Hewan ini bernafas menggunakan paru-paru, ia harus mengirup nafas dahulu saat dipermukaan dan menyimpannya saat didalam laut, ia dapat tetap berada didalam laut selama kurang lebih 15-20 menit tanpa bernafas, dan kan naik kepermukaan air untuk menghirup udara sekaligus melepaskan udara dari paru-parunya, karena udara ini mengandung uap air dan suhunya lebih panas dari udara luar sehingga pada saat dipermukaan hewan ini menyemburkan uap air dari lubang diatas kepalanya (hidungnya) dan ini tampak seperti air dari kejauhan. Hewan ini terdapat 2 jenis sesuai dengan jenis makanannya yaitu pemakan daging atau  ikan lainnya dan pemakan fitoplankton.

 

  1. Kupu-kupu

Hewan ini tergolong dalam ordo Lepidoptera atau serangga bersayap. Hewan ini memiliki sayap indah dan banyak macam motif, serta memiliki berbagai jenis warna. Hewan ini sering menginggap diantara bunga- bunga untuk menghisap madu dan membantu untuk proses pembuahan atau penyerbukan. Hewan ini mengalami metamorfosis sempurna.

 

  1. Koala

Hewan ini memiliki bulu yang tebal dan lembut, daun telinga yang besar , bola mata besar dan Hidung berupa benjolan hitam dan kaki-tangan yang lebih panjang dilengkapi dengan cakar yang besar dan panjang untuk membantunya memanjat. Hewan ini termasuk mamalia. Hewan ini  dapat ditemukan di sepanjang pesisir timur Australia mulai dari Adelaide sampai ke Semenanjung Cape York. Hewan  ini beraktifitas  pada malam  hari dan beristirahat tanpa bergerak sekitar 20 jam sehari, dari kebanyakan waktu tersebut digunakan untuk tidur, oleh karena itu hewan ini sering disebut sebagai  hewan  pemalas. Hewan ini memakan daun eucalyptus terdiri dari 50% air dan 5% gula dan kanji. 

 

  1. Singa

Hewan ini termasuk hewan buas dan terkenal sebagai raja hutan.  Hewan ini merupakan pemakan daging hewan lain (karnivora).  Hewan ini mempunyai gigi taring yang besar dan tajam serta bulu yang tebal disekitar tengkuknya. Hewan  ini  termasuk kedalam  Panthera leo  adalah  seekor hewan  dalam  jenis kucing. Hewan ini adalah hewan yang hidup secara berkelompok. Berat  hewan  ini sekitar 150-250 kg, dan umurnya diantara 10 hingga 15 tahun.

 

  1. Kelelawar

Hewan ini merupakan hewan  malam  karena  mereka memulai aktifitasnya pada saat malam hari. Hewan ini tergolong mamalia yang dapat terbang. Alat terbangnya berupa kulit tipis yang terbentang dari kaki depan hingga kaki belakang, dan jari-jarinya juga dihubungkan oleh selaput terbang. Makanan hewan ini ada yang berupa serangga, dan ada yang buah-buahan, tetapi ada pula yang menghisap darah.Hewan dapat memancarkan atau mengeluarkan bunyi dengan frekuensi yang tinggi (bunyi ultrasonik) yang dikeluarkan dari mulut dan hidungnya. Lalu suara atau  bunyi yang telah dikeluarkan, akan dipantulkan ke benda-benda apa saja yang berada disekitarnya, dan melalui bunyi gema itulah, hewan ini dapat terbang dimalam hari tanpa menabrak rintangan yang menghalanginya. Dan juga melalui gema tersebut, hewan ini dapat mengetahui jarak dari makanan dan letaknya.

 

 

TUMBUHAN

  1. Rafflesia Arnoldi

Tanaman raksasa ini ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles ketika menjelajahi daerah yang landai dekat Bengkulu pada tahun  1818. Ciri-ciri tanaman ini adalah bau yang menyengat dan tidak sedap yang dihasilkan oleh tanaman ini. Tanaman ini termasuk langka dan dilindungi oleh Pemerintah. Tanaman ini tidak mempunyai daun, akar, dan tangkai sehingga tidak dapat untuk berfotosintesis. Tumbuhan ini mempunyai lima daun mahkota dan  hewan yang membantu dapam penyerbukan adalah  lalat yang tertarik dengan bau busuk yang ditimbulkan oleh tumbuhan ini.

 

  1. Melati

Tumbuhan mungil ini biasa berwarna putih. Aroma yang dihasilkan oleh melati dapat menenangkan jiwa tapi terkadang ada anggapan unsur magic yang dihasilkan oleh aroma tumbuhan ini.  Tumbuhan ini dapat diolah menjadi serbuk teh. Akar atau daun dari tumbuhan ini dapat dimanfaatkan sebagai obat pencuci mata. Tumbuhan ini juga dapat digunakan sebagai hiasan pengantin.

 

 

  1. Padi

Tanaman ini merupakan salah satu anggota dari suku rumput-rumputan (Gramineae) yang ditanam dan dimakan sebagai bahan makanan pokok (nasi). Ciri dari suku rumput-rumputan adalah daun berbentuk pita dengan tulang daun sejajar dan daun langsung melekat pada batang. Bunga dari tanaman ini tersusun sebagai bulir majemuk (malai) dan tumbuh diujung batang. Buahnya terlindung kulit keras yang disebut sekam. Penyerbukan tanaman ini dibantu oleh angin. Pada umumnya, tanaman ini ditanam di sawah, tetapi ada juga yang ditanam di ladang.

 

  1. Kaktus

Tumbuhan ini dapat ditemukan didaerah gurun pasir. Tumbuhan ini memiliki akar yang panjang untuk mencari air dan memperlebar penyerapan air dalam tanah. Air yang diserap tumbuhan  ini  disimpan dalam ruang di batangnya.Tumbuhan  ini juga memiliki daun yang berubah bentuk menjadi duri sehingga dapat mengurangi penguapan air lewat daun. Oleh sebab itu, tumbuhan ini dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air. tumbuhan ini dapat hidup di daerah beriklim tropis dan subtropis. Pada malam hari, tumbuhan ini membuka stomatanya dan mengambil CO2 dari lingkungan dan menyimpannya di vakuola untuk digunakan ketika fotosintesis berlangsung.

 

  1. Belimbing

Kulit buah ini berwarna kuning kehijau-hijauan. Buah ini berbentuk bulat panjang dengan rusuk tajam berjumlah lima, jika buah ini dipotong secara horizontal akan berbentuk seperti bintang. Buah ini renyah saat dimakan, rasanya manis dan sedikit asam. Buah ini mengandung banyak vitamin C dan banyak mengadung air. Karena buah ini mengadung vitamin C, dapat dimanfaatkan sebagai antiinflasi, analgesik, dan diuretik, sehingga baik untuk penyembuhan batuk, sariawan, sakit tenggorokan, mengatasi demam, hingga mengatasi masalah kencing manis, dan kolesterol. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi juga baik untuk dikonsumsi penderita penyakit kanker.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s