Basis Data

Basis Data terdiri dari 2 kata yaitu Basis dan Data

-Basis dapat diartikan sebagai pangkalan, markas, gudang, tempat bersarang atau berkumpul.

-Data dapat diartikan sebagai keterangan yang benar dan nyata, atau suatu informasi berdasarkan hasil nyata yang dapat dijadikan dasar kajian (analisis atau kesimpulan) mewakili suatu objek seperti manusia (siswa, pegawai, pembeli), barang, konsep, keadaan dan sebagainya yang dapat dinyatakan kedalam bentuk huruf, simbol, angka, tulisan, gambar, dan bunyi.

Dari kedua pengertian tersebut dalam simpulkan bahwa Basis Data adalah kumpulan dari berbagai data yang saling berhubungan dan tersimpan diperangkat keras serta dimanipulasi dengan menggunakan perangkat lunak. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola query basis data disebut system manajemen basis data atau database management system (DBMS). Dengan kata lain DBMS merupakan distem informasi perangkat lunak yang memungkinan user untuk membuat, memelihara, mengontrol, mengakses maupun pembaharuan data secara praktis dan efesien.

Basis data merupakan salah satu komponen yang terpenting dalam system informasi karena merupakan suatu tempat untuk menyediakan informasi kepada para pengguna atau user.

Basis data dapat menjadi hal yang penting karena dapat menghindari duplikasi data, hubungan antar data yang kurang jelas, atau kesamaan data.

Penyusunan basis data meliputi proses memasukkan data kedalam media penyimpanan data dan diatur dengan menggunakan perangkat system manajemen basis data (DBMS), memanipulasi basis data meliputi membuatan pernyataan (query) untuk mendapatkan suatu informasi, melakukan pembaharuan atau mengedit data (update), serta membuat report data.

Tujuan DBMS;

  1. memberikan informasi mengenai bagaimana data disimpan dan dirawat, tetapi data dapat diambil dengan efesien. Maksud dari efesien disini adalah bagaimana merancang struktur data yang kompleks tetapi dapat digunakan sewaktu-waktu.
  2. Memberikan kemudahan dan kecepatan. Basis data memiliki kemampuan untuk mengelompokkan, mengurutkan bahkan mempunyai perhitungan sistematis, sehingga pengguna dapat menyimpan, mengedit serta mengakses data dengan mudah.
  3. Basis data dapat digunakan oleh banyak user dan banyak aplikasi.
  4. Data yang diakses adalah data yang berbeda beda, sehingga data tidak terduplikasi.
  5. Menangani data dalam jumlah yang banyak.
  6. DBMS dilengkapi dengan fasilitas manajemen user, sehingga user dapat memberikan password dan hak akses yang berbeda sesuai dengan kebutuhannya.

Kelebihan DBMS;

  1. Tidak terjadi penduplikasian data
  2. Penggunaan data bersamaan
  3. Data lebih konsisten
  4. Keamanan data dapat terjamin
  5. Integritas data terpelihara

 

Kerugian DBMS;

  1. Rumit. Karena penetapan fungsi DBMS yng cukup baik, menyebabkan DBMS menjadi software yang cukup rumit, maka user harus mengetahui fungsi-fungsi yang ada dengan baik.
  2. Dibutuhkan memory yang besar.
  3. Biaya cukup mahal.
  4. Biaya tambahan hardware.
  5. Biaya konversi.
  6. DBMS dibuat untuk menyediakan banyak aplikasi, akibatnya kemungkinan beberapa aplikasi akan berjalan tidak baik.
  7. Resiko kegagalan. Karena System terpusat, jadi jika seluruh aplikasi terakses dari DBMS maka kerusakan pada bagian manapun dari sitem akan menyebabkan operasi terhenti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s