Kewirausahaan

Kewirausahaan berasal dari bahasa Perancis yang artinya perantara, Kewirausahaan adalah proses menyiptakan sesuatu baru  atau inovasi baru yang menggunakan usaha dan waktu, memiliki resiko, membutuhkan finnansial, psikologi dan sosial, serta menerima balas jasa moneter dan kepuasan pribadi.

Wirausahawan adalah pelaku (orang) yang melakukan perubahan  atau inovasi baru dari nilai sumber daya, tenaga kerja, bahan dan faktor produksi sehingga dapat mengembangkan usahanya menjadi lebih besar daripada sebelumnya.

Kewirausahaan dalam perspektif sejarah

–  Wirausahawan muda dunia modern muncul pertama kali di Inggris pada masa industri akhir abad kedelapan belas dengan tujuan utama mereka adalah pertumbuhan dan perluasan organisasi-organisasi mereka melalu inovasi dan kreativitas.

– Diawali dengan penemuaan baru seperti penemuan mesin uap oleh James Watt, mesin pemintal benang oleh Richard Arkwright

Karakteristik  wirausahaan

Karakteristik  wirausahaan menurut McClelland :

1. Keinginan untuk berprestasi

2.  Keinginan untuk bertanggung jawab

3.  Preferensi kepada resiko-resiko menengah

4.  Persepsi kepada kemungkinan berhasil

5.  Rangsangan oleh umpan balik

6.  Aktivitas energik

7.  Orientasi ke masa depan

8.  Keterampilan dalam pengorganisasian

9.  Sikap terhadap uang

Inovasi adalah kunci penting seorang wirausahawan

Karakteristik wirausahaan yang andal :

  1. Mempunyai tekad dan niat yang besar
  2. Kemandirian dan percaya diri yang tinggi
  3. Mencintai pekerjaan yang sedang digeluti secara lugas dan tangguh
  4. Mampu menangkap peluang usaha, bekerja keras, bertanggaung jawab, disiplin, jujur, berkomunikasi baik dengan pihak internal maupun eksternal (mudah bergaul)
  5. Mampu meningkatkan kapasitas diri sendiri dan orang lain dengan mengelola usaha dan memotivasi orang lain (lesder/managerialship)
  6. Melalukan pengembangan usaha dengan dapat mengambil resiko yang moderat
  7. Dapat mengenal dan mengendalikan lingkungan

Penentu potensi kewirausahaan

Dibawah ini hal-hal yang dapat memberikan potensi bagi kewirausahaan :

(karakteristik wirausahawan yang sukses dengan n Ach tinggi)

1. Kemampuan inovatif

Seorang wirausahawan dituntun harus memiliki daya kreatifitas yang tinggi. Daya kreatifitas tersebut berlandaskan oleh cara berpikir yang oriented masa depan, penuh gagasan agar dapat tercipta produk baru. Gagasan baru tidak terbatasi oleh ruang dan bentuk, justru seringkali ide ide muncul dapat memberikan terobosan  baru yang kelihatannya mustahil. Gagasan tersebut dapat tercipta dari barang-barang yang tidak dapat digunakan namun ditangan orang-orang kreatif dapat berubah fungsi dengan kemasan yang lebih menarik.

2. Toleransi terhadap kemenduaan (ambiguity)

Karakteristik ini berkaitan dengan proses inovatif, sehingga orang-orang kreatif mempunyai kemampuan  dapat merubah sesuatu yang tidak terstruktur menjadi struktur.

3. Keinginan untuk berprestasi (n Ach)

Dalam kewirausahaan harus mempunyai keyakinan untuk meraih impiannya agar mencapai prestasi yang diinginkan sehingga para wirausahaan memiliki sikap tidak mudah menyerah.

4. Kemampuan perencanaan realistis

Kemampuan untuk dapat mengembangkan usahanya dengan matang sehingga dapat memberikan ketertarikkan  dan kepuasaan kepada pelanggan.

5. Kepemimpinan terorientasi kepada tujuan

Fokus terhadap tujuan utama organisasi sehingga pemimpin harus memberikan motivasi untuk mengarahkan tenaga kerja dan rekan kerjanya kerarah tujuan yang ingin dicapai.

Metode analisa diri sendiri

Orang yang ingin memulai usaha baru hendaknya memperhitungkan kebutuhan, dorongan, dan aspirasi sebelum mengambil langkah-langkah penting. Kebutuhan disini meliputi sesuatu yang akan membantu individu memutuskan apakah kepribadian mereka sesuai dengan peranan kewirausahaan. menurut McClelland 3 kebutuhan dasar yang mempengaruhi pencapaian tujuan ekonomi yaitu kebutuhan untuk berprestasi (n Ach), kebutuhan berafiliasi (n Afill) dan kebutuhan untuk berkuasa (n Pow).

Pengembangan n Ach

n Ach dapat diperkuat dan dikembangkan melalui program pelatihan. Tahap-tahapnya adalah :

  1. Pelatihan dalam membantu menyadarkan orang-orang pada potensi mereka untuk mendapatkan karakteristik kewirausahaan. Mereka dilatih untuk membuat rencana, harapan, kesulitan dan mengevaluasi segala tindakan yang telah dilakukan. Prosedur ini akan mendorong mereka untuk memusatkan diri terhadap tujuan dan memberikan umpan balik pada hasil kerja yang mengarahkan usaha mereka kearah prestasi.
  2. Pengembangan sindrom prestasi. Individu diajarkan untuk berfikir, berbicara, bertindak, dan menyadarkan orang lain sehingga mereka dapat berfikir dari sudut pandang pencapaian tujuan
  3. Dukungan kognitif. Tujuannya untuk membantu individu-individu menghubungkan cara berfikir baru dengan asumsi mereka sebelumnya dan cara melihat dunia, sehingga individu-individu kemudian siap untuk memutuskan apakah mereka siap dengan karir wirausahanya.
  4. Pemberian dukungan emosional peserta didalam usaha mereka untuk merubah diri dan dapat menyatakan bahwa individu mampu menggunakan kemampuan dasar besar mereka dan mengemukkan kebutuhan mereka

Managemen dalam kewirausahaan

Terdapat faktor-faktor disamping n Ach yang dapat diajarkan untuk melahirkan seseorang wirausahaan yaitu mengidentifikasi kesempatan bisnis, analisa resiko dan perolehan kompentensi.

1. Identifikasi kesempatan-kesempatan

Kewirausahaan harus berfikir tentang inovasi baru yang dapat menyediakan barang dan jasa guna untuk memenuhi keinginan dari masyarakat sebagai konsumen

2. Analisa resiko

Para wirausahawan harus memilih resiko yang dapat memperhitungkan sesuatu bersifat menengah dan dapat dikendalikan. Resiko yang bias dipertimbangkan dalam bisnis adalah keputusan mengenai anggaran atau pengeluaran uang dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s